Selasa, 09 September 2008

Pentingnya Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah

Sistem ekonomi dan bisnis berlandaskan sistem ekonomi islam berkembang pesat di Indonesia. Perkembangan ini terutama terjadi di sektor keuangan, dan trend menunjukkan perkembangan bisnis sektor riil berbasis syariah adalah “the next big thing” yang harus siap diantisipasi. Perbankan Syariah dan produk-produknya telah beredar luas di masyarakat, Asuransi Syariah dan Reksadana Syariah juga sudah mulai bermunculan.

Berkembang atau tidaknya sistem ekonomi syariah sangat bergantung kepada trust masyarakat yang berkecimpung di dalamnya yang menuntut transparansi dan akuntanbilitas.Untuk itu, maka diperlukan dukungan tenaga akuntansi syariah yang handal dan terpercaya.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sebagai organisasi profesi akuntan yang salah satu wewenangnya adalah menetapkan Standar Akuntansi Syariah berusaha untuk memenuhi kebutuhan ini dengan mengembangkan Sertifikasi di bidang Akuntansi Keuangan Syariah.

Profesi di bisnis Syariah ini menuntut keahlian dan kemampuan yang unique. Akuntansi Konvensional yang selama ini berjalan terkadang tidak sesuai dengan aturan-aturan Syariah.

Profesional yang bekerja di bisnis syariah ini harus dapat menjamin semua transaksi keuangan dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan sejalan dengan standar akuntansi keuangan syariah.

Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS) ini akan mencetak profesional-profesional yang handal dibidang akuntansi keuangan syariah.

salam,

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow, menarik sekali, memang dengan semakin populernya ekonomi syariah di Indonesia juga memerlukan dukungan tenaga akuntansi syariah yang handal pula

Anonim mengatakan...

Info ini menarik. Saya ingin mengusulkan pada setiap level ujian usas ini, sebaiknya disamping terdapat silabus usas juga diberikan referensi buku sesuai levelnya sehingga peserta atau yang ingin mempelajari syariah dapat secara bertahap mempelajarinya/memahami. Demikian terima kasih. Komari member of AKI mail list.

ismet mengatakan...

maaf sebelumnya, saya baru tahu klo ada ujian khusus untuk akuntansi syariah. saya baru lulus s1 akuntansi dan tertarik untuk mengikuti ujian ini, boleh tahu ujian ini biasanya kapan dilaksanakan, biayanya berapa, berapa kali ujian apa cuma satu kali (mengingat materi ujiannya banyak).
terima kasih